Jaring Masukan untuk Pengembangan Aplikasi Bidang HAM, Tim Ditjen HAM Sambangi Kanwil DIY

Bagikan

Yogyakarta, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumhan) DIY menerima kunjungan tim dari Direktorat Jenderal HAM. Kunjungan kerja dari tim Direktorat Informasi HAM ini untuk menjaring masukan dalam rangka pengembangan aplikasi bidang HAM.

Pertemuan dilaksanakan di Ruang Rapat Kanwil Kemenkumham DIY, Jumat (26/2/2021). Tim dari Ditjen HAM dipimpin Kasubdit Pengembangan dan Pengelolaan TIK, Tarwo, beserta Kasi Pengembangan TIK, Kasi Pengelolaan TIK, dan Pengolah Data Aplikasi dan Database. Aplikasi Bidang HAM yang dimaksud yaitu aplikasi Simasham, P2HAM, serta KKP HAM.

Kepala Bidang HAM, Purwanto, Kasubbid Pemajuan HAM, Wardiyono, Kasubbid Pengkajian, Penelitian, dan Pengambangan Hukum dan HAM, Susanti Yuliandari, beserta jajaran Bidang HAM Kanwil Kemenkumham DIY hadir dalam pertemuan tersebut.

“Agenda kami adalah tentang pemanfaatan aplikasi Simasham, P2HAM, dan KKP HAM. Yang kedua untuk mengumpulkan data-data, masukan, untuk pengembangan aplikasi tersebut,” kata Tarwo.

Tim Direktorat Informasi HAM lalu memberikan penjelasan terkait pengoperasian aplikasi serta kendala dalam akses maupun penggunaan aplikasi terkait HAM tersebut. Selain itu, diharapkan adanya koordinasi antara Ditjen HAM, Kanwil, maupun UPT dalam penanganan pengaduan yang masuk melalui aplikasi.

Purwanto pun memberikan masukan terkait ukuran foto yang bisa diunggah sebagai data dukung dalam aplikasi. Di sisi lain, Purwanto menyebut sudah ada peningkatan kompetensi pengampu aplikasi untuk menjangkau pos-pos Layanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) di UPT.

“Simasham programnya Direktorat Yankomas untuk menjangkau pos-pos Yankomas yang ada di UPT. Sudah ada peningkatan kompetensi pengampunya pos Yankomas di UPT, sudah ada pelatihan aplikasi oleh Badan Diklat Jawa Tengah,” ujar Purwanto. (Humas Kanwil D.I. Yogyakarta)

(*Sumber: https://jogja.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/5168-jaring-masukan-untuk-pengembangan-aplikasi-bidang-ham-tim-ditjen-ham-sambangi-kanwil-diy )

Skip to content