Peringatan Hari HAM Sedunia sekaligus Penyerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM

Bagikan

Mataram, ham.go.id – Bertempat di Ballroom Kenanga, Hotel Grand Legi Mataram, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat menggelar kegiatan Peringatan Hari HAM sedunia yang dilaksanakan secara virtual mengikuti kegiatan serupa yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Graha Pengayoman, Senin (14/12).

Beberapa sambutan disampaikan secara berurutan antara lain oleh Dr. Mualimin Abdi,SH.MH (Direktur Jenderal HAM), Ketua Komisi Nasional HAM, Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Prof. Yasonna H Laoly (Menteri Hukum dan HAM) dan Ir. Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia).

Selain menyampaikan komitmen Pemerintah dalam pemenuhan dan penegakan HAM, Menteri Yasonna H Laoly sekaligus memberikan mandat kepada para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia untuk menyerahkan piagam penghargaan kepada Gubernur atau pejabat yang mewakili. Selanjutnya Gubernur mengerahkan piagam tersebut kepada Bupati/Walikota yang memperoleh Predikat Kab/Kota Peduli HAM.

Kota Mataram sebagai satu-satunya daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mendapat Predikat Peduli HAM pada tahun 2020. Perolehan ini merupakan prestasi yang keenam kalinya bagi Kota Mataram. Sedangkan Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa Barat memperoleh predikat Cukup Peduli HAM.

 

(*Sumber: https://ntb.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/3502-peringatan-hari-ham-sedunia-sekaligus-penyerahan-penghargaan-kabupaten-kota-peduli-ham )

Skip to content