Konsultasi Teknis Penyelenggaraan Pemajuan HAM di Kanwil Kemenkumham Papua

Bagikan

Jayapura, ham.go.id – Bertempat di Aula Lantai II Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, pagi ini Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Murdjito Sasto di dampingi Kasubid Pemajuan HAM Idawati Parapak, Kasubag Program dan Pelaporan Alwi, beserta JFU/JFT Subag Pemajuan HAM mengikuti Kegiatan Konsultasi Teknis Penyelenggaraan Pemajuan HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Papua secara daring bersama Sekretariat Direktorat Jenderal HAM Kemenkumham, Selasa (8/9).

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Risma Indriyani dan Kepala Bagian Program dan Pelaporan Ditjend HAM Caturwati melalui media virtual (Zoom Meeting).

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenkumham Papua Murdjito Sasto menyampaikan, terkait target kinerja secara khusus pada Bidang HAM terdapat beberapa target yang telah terealisasi dan belum terealisasi.

“Terkait dengan realisasi target kinerja khususnya pada bidang HAM yang telah terealisasi diantaranya Pengukuhan Pos Yankomas,pelayanan komunikasi di masyarakat di kabupaten Supiori dan kabupaten timika. Sementara yang belum terealisasi antara lain Rakor Aksi HAM, Rakor KKP HAM, FGD Produk hukum daerah. Kegiatan yang belum terlaksana ini sebagai dampak dari Pandemi Covid-19, dimana dimulai bulan Maret 2020 pemerintah daerah Papua melakukan penutupan akses bandara dan pelabuhan sehingga kegiatan di daerah menjadi tertunda dan baru bulan Agustus 2020 dibuka kembali akses bandara dan pelabuhan namun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat”ujar Murdjito Sasto.

Lebih lanjut dikatakan, untuk pemenuhan data dukung B09 serta persiapan B12 telah diadakan rapat evaluasi terkait hal tersebut guna mendorong percepatan pemenuhan target-target yang telah ditetapkan.

“Kami terus mendorong untuk pemenuhan target kinerja B09 serta persiapan B12 dalam hal ini yang terkait dengan Bidang HAM. Kami berharap lewat konsultasi Teknis ini, Ibu Sesditjend HAM serta Ibu Kabag Program dan Pelaporan dapat memberikan arahan terkait hal teknis untuk dapat memenuhi target tersebut”ungkap Murdjito Sasto.

Sementara itu SesditjendHam Risma Indriyani mengatakan,berbagai kendala yang menghambat akibat Pandemi Covid-19 ini, dapat dimaksimalkan dengan menggunakan media virtual.

“Kita telah mengetahui bersama sejak Pandemi Covid-19 ini berbagai kendala muncul terkait kinerja, namun hal ini dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi media virtual mengingat kegiatan yang mengumpulkan/melibatkan banyak orang secara langsung masih dilarang oleh pemerintah.hal ini juga dapat membantu dalam optimalisasi penyerapan anggaran”ujar Risma Indriyani.

Kegiatan dilanjutkan dengan Konsultasi dan diskusi teknis bersama Kabag Program dan Pelaporan Ditjen HAM. (Humas Kanwil Papua)

Web : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham PAPUA
Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA*

Skip to content