Ditjen HAM Kawal Evaluasi Pelaksanaan Aksi HAM di Sulawesi Tengah

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Kawal evaluasi pelaksanaan Aksi HAM di Sulawesi Tengah, Direktorat Jenderal HAM, Mualimin Abdi hadir sebagai narasumber dalam rapat koordinasi Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM dan Kabupaten/Kota Peduli HAM Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 secara daring, Rabu (22/7).

Mualimin Abdi, menyampaikan capaian aksi HAM baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

Direktur Jenderal HAM mengungkapkan bahwa pada dasarnya pelaksanaan aksi HAM di Sulawesi Tengah sudah cukup baik. Namun, Mualimin mencatat masih ada sejumlah Kabupaten/Kota yang belum melaporkan capaiannya. Karena itu, Mualimin berharap agar gubernur Sulawesi Tengah juga bersedia untuk turun tangan mendorong walikota dan bupati untuk menyampaikan laporannya.

“Karena ini (Aksi HAM) telah menjadi perhatian dari kantor staf presiden, kami berharap Pak Gubernur juga membantu kami mendorong agar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sulawesi Tengah bisa mencapai target yang telah ditentukan dalam aksi HAM,” ujar Mualimin.

Mualimin juga menegaskan kesiapan pihaknya untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Sulawesi Tengah untuk mendukung pelaksanaan aksi HAM.

“Sekretariat Bersama RANHAM akan selalu siap melakukan koordinasi dalam melakukan dorongan dan dukungan dalam rangka meningkatkan partisipasi pelaksanaan aksi HAM oleh pemerintah daerah di tahun 2020,” tambah Mualimin.

Dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal HAM juga membahas capaian kabupaten kota peduli HAM (KKPHAM) di Sulawesi Tengah pada tahun 2018-2019. Berdasar data capaian tersebut didapati baru ada satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang mendapat predikat Peduli HAM yaitu Kabupaten Banggai.

Mualimin berharap ke depannya, predikat peduli HAM di Kabupaten Kota di Sulawesi tengah akan lebih bertambah.

Rakor ini dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah dan sejumlah Walikota dan Bupati se-Sulawesi Tengah. (Humas Ditjen HAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content