RAPAT KOORDINASI AKSI HAM PEMERINTAH DAERAH DAN KAB/KOTA PEDULI HAM 2020

Bagikan

Bandung, ham.go.id – Dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Aksi HAM Pemerintah daerah dan Kab/Kota Peduli HAM 2020, maka Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat akan melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kab/ Kota dengan metode “Virtual Meeting”, hari ini (Kamis, 18/06), langsung dari Ruangan Rapat Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat.

Rapat koordinasi kabupaten kota peduli HAM ini diikuti oleh seluruh Bagian/Bidang Hukum di setiap Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Direktorat Kerja Sama Hak asasi Manusia Ditjen HAM Kemenkumham, serta Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, yang di wakili oleh Kepala Bidang HAM, Hasbullah, beserta Kasubid dan Staff bidang HAM.

Agenda pada rapat koordinasi ini antara lain, Penyusunan aksi HAM 2020 yang mengacu pada pelaksanaan tahun 2019, membahas terkait Pelaporan dan format yang saat ini sedikit berbeda, kemudian Perpres mengenai pelaksanaan aksi HAM ini diinformasikan masih dalam proses penysunan yang nantinya Perpres tersebut tidak terikat periode waktu seperti sebelumnya guna menghindari kesulitan penyusunan di masa mendatang.

Peranan kantor wilayah mungkin kalo sekarang terlepas dari daerah, tahun depan atau tahun ini kedepannya Kanwil bisa melakukan monitoring kepada Pemda yang belum melaporkan terkait aksi HAM 2020 ini. Sekalipun Perpres tidak mengamanatkan Tim ranham daerah, kedepan dalam implementasi akan dicanangkan untuk dibentuk panitia daerah.

Menjadi pembicara pada kesempatan ini, Direktur Kerja Sama Hak asasi Manusia, Bambang Iriana Djajaatmadja, Dijelaskan oleh narasumber bahwa, Tahun 2020 yang dinilai adalah capain kinerja tahun 2019 mulai Januari sampai Desember dengan kriteria 7 hak yang dinilai antara lain: Kesehatan, Pendidikan, Perempuan dan Anak, Kependudukan, Pekerjaan, Perumahan, Lingkungan Yang Berkelanjutan. (Kanwil Jawa Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content