Bidang HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara Melaksanakan Kegiatan Diseminasi HAM di Kota Tanjungbalai

Bagikan

Tanjungbalai, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai mengadakan diseminasi HAM di Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung balai dengan tema “Konsolidasi Data Kependudukan Sebagai Bentuk Pemenuhan Hak Kependudukan dalam Penerapan Nilai Dasar Hak Asasi Mansusia, Kamis (20/2).

Kegiatan diseminasi dilaksanakan di kantor Camat Datuk Bandar dengan dibuka oleh Kepala Bidang HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara (Jonson Siagian) sebagai moderator pada kegiatan diseminasi ini. Dalam pembukaannnya, Jonson menekankan kaitan antara data kependudukan dengan hak asasi manusia. Data kependudukan sangat berkaitan dengan salah satu dari sepuluh hak dasar yang terantum dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia yaitu hak atas kebebasan pribadi dan jika dirinci terdapat hak mendapat status kewarganegaraan. Status kewarganraan tersebut dibuktikan dengan adanya data kependudukan. Dengan terpenuhinya data kependudukan, maka dapat mengakses hak-hak dasar lain yang dilindungi negara sebagai bentuk perlindungan negara terhadap rakyatnya.

Pada kegiatan ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Tanjungbalai (Indra Halomoan Nasution) bertindak sebagai narasumber kegiatan dengan memaparkan pelaksanaan administarasi kependudukan di Kota Tanjungbalai. Indra menjelaskan bahwa saat ini sistem pengadminstrasian data kependudukan sudah berbasis arsip digital. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya data kependudukan ganda di Kota Tanjungbalai. Selain itu, dinas kependudukan juga tidak mempersulit pembuatan akta kelahiran terhadap anak dari Ibu atau anak yang berstatus diluar pernikahan. Hal ini dilakukan sebagai komitmen Pemerintah Tanjungbalai dalam memenuhi hak kependudukan setiap warganya bahkan dari saat lahir. Walaupun Indra juga mengakui tidak sedikit yang masih melakukan praktik pungli dalam kepengurusan data kependudukan, tetapi hal tersebut sudah berkurang dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Acara ini dihadiiri oleh Kepala Subbagian Pemajuan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut (Desni Manik) beserta staff, Kepala Subbagian Bantuan Hukum Setda dan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Tanjungbalai berserta Staff, Camat Kecamatan Datuk Bandar Pegawai Kelurahan, Kepala Lingkungan, tokoh masyarakat, jurnalis, dan masyarakat.

Skip to content