Hari HAM Sedunia di Bandung, Kanwil Kemenkumham Bandung dan MHKI Kolaborasi Seminar Nasional

Bagikan

Bandung, ham.go.id – Kamis (10/10) Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia  yang  jatuh pada tanggal 10 Desember 2019  dan akan dipusatkan  secara nasional di Gedung Merdeka kota Bandung Jawa Barat, Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Bidang Hak Asasi Manusia Divisi Pelayanan Hukum dan HAM  berkolaborasi dengan  Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI)  Wilayah Jawa Barat,  akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema Utama  “Perlindungan Hukum Profesi Medis, Tenaga Kesehatan dan Masyarakat dalam perspektif Hak Asasi Manusia”, dengan Pembicara Utama Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Mualimin Abdi.

Bertempat di ruang Rapat  Divisi Pelayanan Hukum dan HAM hari Rabu, 9 Oktober 2019 Kepala Bidang HAM (Hasbullah Fudail), Ketua MHKI (dr. Djunaedi, SpS, M.Kes) dan Ketua Steering Commitee Seminar Nasional   (Dr. dr.  Hadi Susiarno, Sp.OG (K), MH.Kes)  dan Ketua Panitia (dr. Dony  Septriana Rosady MH.Kes) mengadakan rapat persiapan acara seminar Nasional  yang juga di hadiri : Perhimpunan  Tenaga Kesehatan Kemenkumham  (Pernakes ) Jawa Barat dr Mayriana,  Apoteker (Yena Iskandar, S.Si., Apt.) , Pengacara (Adv. dr. Mahdar Solihin, SH).

Kegiatan seminar ini menurut Hasbullah Fudail merupakan Kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan dalam  rangka mensukseskan Jawa Barat sebagai tuan Rumah Hari HAM Nasional. Dalam seminar ini akan didatangkan beberapa Pakar pembicara sebagai Nara Sumber sesuai kompetensi masing-masing  dari kalangan  akademisi,  penegak hukum dan ham, Advokat, Hakim, perwakilan masyarakat komunitas pemerhati kesehatan, praktisi hukum kesehatan, BPJS, IDI dan PERSI dan IAI.  Adapun beberapa topik materi seminar ini diantaranya :

  1. Hukum Kesehatan Masyarakat dalam Perspektif HAM
  2. Perlindungan Hukum Masyarakat di Bidang Kesehatan dalam perspektif HAM
  3. Perlindungan HAM terhadap Profesi Medis dan Tenaga Kesehatan

Adapun rencana kegiatan ini  yakni tanggal 8 Desember 2019 dengan  target  peserta seminar ini  adalah 250 orang mencakup dari unsur : Ikatan Dokter Indonesia (IDI),Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) , Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Praktisi Hukum dan Notaris. (red/foto : Humas Kumham Jabar)

(*Sumber: https://jabar.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/hari-ham-se-dunia-di-bandung-kanwil-kemenkumham-dan-mhki-kolaborasi-seminar-nasional )

Skip to content