Pelajar se-Jawa Barat Dibekali Kesadaran Hukum-HAM oleh Tim Kesadaran Hukum-HAM, Penyuluh Didampingi FPSH HAM dan Duta Hukum-HAM

Bagikan

Bandung, ham.go.id – Untuk memberi pemahaman Hukum dan Hak Asasi Manusia sejak dini, maka pelajar Sekolah Menengah Atas dan sederajat  se Jawa Barat  diberikan materi Pelajar Sadar Hukum-Hak Asasi Manusia  dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) pada awal masuk sekolah tahun ajaran 2019/2020.

Masuknya materi Pelajar Sadar Hukum dan HAM dalam PLS di sekolah  merupakan salah satu masukan dari Tim Pembinaan Kesadaran Hukum-HAM Jawa Barat  yang dimulai pada tahun 2019 dengan tema Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum). Usulan ini  dimaksudkan untuk mengenalkan  dan membudayakan Kesadaran Hukum-HAM  kepada para pelajar SMA dan sederajat  sejak dini dan pada tahun ini bertema Pelajar Sadar Hukum  dengan melibatkan para pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM kabupaten/kota serta Duta Hukum-HAM masing-masing sekolah.

Para pemateri Pelajar Sadar Hukum  selain dari Tim Pembinaan Kesadaran Hukum-HAM yang terdiri dari 7 (tujuh)  institusi : Kementerian Hukum dan HAM, Kementeraian Agama,  Kementerian Pertahanan, Kejaksaan, Kepolisian, BNNP (Kab/Kota ), Dinas Pendidikan juga para guru Pendidikan Kewarganegaraan.  Adapun  Pemateri dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  melibatkan pejabat struktural  Bidang Hak Asasi Manusia serta pejabat Fungsional Penyuluh. Untuk melatih para pengurus FPSH HAM dan Duta Hukum-HAM, mereka  juga  mendampingi pemateri  saat pembekalan Pelajar Sadar Hukum-HAM.

Sesuai dengan panduan Pengenalan Lingkungan Sekolah  (PLS)  yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat, jadwal PLS di Jawa Barat berlangsung 16-18 Juli 2019 di masing-masing sekolah  dan menyesuaikan  dengan kondisi masing-masing sekolah.

(*Sumber: https://jabar.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/pelajar-se-jawa-barat-dibekali-kesadaran-hukum-ham-oleh-tim-kesadaran-hukum-ham-penyuluh-didampingi-fpsh-ham-dan-duta-hukum-ham)

Skip to content