Belajar menjadi Seorang Fasilitator Pelatihan HAM

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Diseminasi dan penguatan HAM menyelenggarakan kegiatan rutin setiap hari rabu (26/06), yaitu Internal Capacity Building. Kegiatan ini sebelumnya dilaksanakan dengan metode presentasi bagi CPNS dan kali ini diisi oleh pejabat eselon III yakni Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah II, Olivia Dwi Ayu. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM ini diikuti oleh seluruh pegawai Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM.

Olivia pada kesempatan kali ini membawakan materi “How to Become a trainer?”, dimana seorang trainer harus memperhatikan dua hal prinsip utama yaitu Trust dan Impact. Cara membangun kepercayaan ada tiga yang harus dilakukan:

  1. Melakukan riset terhadap topik yang akan dijadikan keahlian
  2. Membuat rumus atau metode
  3. Menjadi role model/teladan

Peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena pembawaan materi yang sangat menarik dari narasumber. Pada kegiatan kali ini para peserta diberikan tugas untuk membuat video yang berisikan ucapan dalam memperingati hari anak dan akan ditampilkan dalam capacity building minggu berikutnya.  Di akhir sesi para peserta diajak untuk berlatih melakukan permainan sebagai metode perkenalan sebelum memulai pelatihan.

Skip to content