Focus Group Discussion Review Kurikulum Pelatihan HAM Dalam Rangka Optimalisasi Pelaksanaan Yankomas

Bagikan

Mataram, ham.go.id – Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia, Mualimin Abdi menyampaikan sambutan dalam Focus Group Discussion (FGD) Review Kurikulum Pelatihan HAM dalam rangka optimalisasi Pelaksanaan Yankomas di Mataram, Provinsi NTB yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkumham di Hotel Grand Legi, Mataram. (11/4)

“Salah satu implementasi dari arah kebijakan Direktorat Jenderal Hak Asasi Pelaksanaan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas),” ungkap Mualimin Abdi dalam sambutannya.

Untuk mempermudah akses bagi masyarakat dalam meyampaikan permasalahan HAM yang dialaminya, Kementerian Hukum dan HAM, melalui Ditjen HAM telah menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 Tahun 2016 tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Permen Yankomas). Di dalam Permen tersebut diatur tentang mekanisme penanganan permasalahan HAM, termasuk juga mekanisme pelayanan komunikasi masyarakat melalui media online dalam bentuk Sistem Informasi Pelayanan Komunikasi Masyarakat terkait HAM (SIMAS HAM)

“SIMAS HAM bertujuan agar masyarakat lebih mudah melakukan pengaduan dugaan pelanggaran HAM, efisiensi waktu dan biaya serta kecepatan tindak lanjut dari pengaduan. Selain berguna bagi masyarakat, SIMAS HAM juga berguna bagi pelaksana Yankomas baik Pusat maupun Daerah dalam memantau/memonitor perkembangan penanganan pengaduan masyarakat,” tambahnya.

Dalam rangka mencapai tujuan pelaksanaan kegiatan Pelayanan Komunikasi Masyarakat, maka perlu kiranya Pelaksana Yankomas di kantor Wilayah maupun Kepala UPT serta petugas Pos Yankomas memahami tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat dan teknik Penggunaan Aplikasi SIMAS HAM dalam upaya mendorong penyelesaian permasalahan HAM.

Dirjen HAM berharap, bahwa Pos Yankomas ini dapat menjadi wadah dalam membantu masyarakat yang mengalami permasalahan HAM. Sehingga dengan demikian peran Kementerian Hukum dan HAM semakin terlihat oleh masyarakat.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPSDM yang telah berkenan untuk memfasilitasi pelaksanaan FGD Review Kurikulum Pelatihan HAM,” jelasnya menutup sambutan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPSDM, Direktur Yankomas, Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTB, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, perwakilan dari Unit Pelayanan Teknis serta perwakilan dari BPSDM. (Humas Ditjen HAM)

 

Pengaduan yankomas melalui aplikasi Simas HAM dapat diakses pada laman:

http://simasham.kemenkumham.go.id

Skip to content