Sebut Karya Warga Binaan Sebagai Pemenuhan atas Hak Asasi Utamanya Hak untuk Mengembangkan Diri

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia, Mualimin Abdi turut serta dalam Pembukaan Pameran Produk Unggulan narapidana 2019 di Ruang Garuda, Gedung Kementerian Perindustrian, Rabu siang(26/03).

Pameran bertajuk “Produktivitas yang Berkualitas untuk Indonesia yang Berkelas” itu dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

Tujuan dari pameran ini, kata Menteri Hukum dan HAM, merupakan pengejawantahan dari peran negara untuk hadir di seluruh aspek kehidupan masyarakat termasuk warga binaan. “Warga binaan adalah labor force yang luar biasa,” ungkap Yasona.

Saat mengunjungi stand pameran, Dirjen HAM sempat berbicara dengan salah satu panitia. Mualimin mengapresiasi produk warga binaan yang tengah dipamerkan tersebut. “Pameran ini
membuktikan bahwa warga binaan merupakan sumber daya yang bisa menghasilkan sesuatu, bisa berkarya dan menjadi satu potensi yang bisa turut membangun negara,” ujar Mualimin di hadapan para pengunjung stand.

Lebih lanjut, Dirjen HAM menambahkan, karya warga binaan tidak hanya sekadar produk melainkan pemenuhan atas hak asasi khususnya hak untuk mengembangkan diri. “Saya menilai bahwa pemberdayaan warga binaan dalam membuat produk-produk semacam ini telah sejalan dengan semangat HAM” ucap Mualimin

Kegiatan pameran yang akan dilaksanakan dalam waktu empat hari mendatang tersebut menyajikan produk atau karya seluruh warga binaan se-Indonesia. (Humas Ditjen HAM)

Skip to content