Partisipasi Perempuan dalam Pemilu

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Direktur Instrumen HAM Direktorat Jenderal HAM, Timbul Sinaga, menjadi narasumber dengan materi Partisipasi Perempuan dalam Pemilu dalam acara yang diselenggarakan oleh Kemenko PMK, Senin, 12 November 2018 di Hotel Santika Slipi, Jakarta Barat.

Acara yang merupakan tindak lanjut atas Rapat Koordinasi Peningkatan Pemahaman Caleg Perempuan dalam proses Pemilu, bertujuan untuk mengedukasi caleg perempuan agar mengetahui mekanisme proses pengawalan suara, memahami regulasi, penyelenggaraan, pengawasan dan tahapan Pemilu serta memahami alur penghitungan suara.

Era globalisasi menghantarkan arus informasi yang melimpah di media massa serta media sosial, sehingga literasi politik oleh perempuan merupakan modal penting untuk mendorong partisipasi perempuan. Ke depan aktivisme perempuan perlu menjawab bagaimana supaya kandidat perempuan yang terpilih – baik di lembaga perwakilan maupun lembaga penyelenggara – mampu mengakomodasi aspirasi dan tuntutan kepentingan perempuan. Sehingga Dalam paparannya, Timbul Sinaga menyampaikan pentingnya peran serta partisipasi perempuan dalam Pemilu.

Turut mengundang sebagai Narasumber dalam acara ini: KPU, Bawaslu dan Perludem dan menghadirkan para peserta dari perwakilan Kemenko PMK, Kemenkumham, cq Dit.Instrumen Ditjen HAM, perwakilan KPPPA, Kemendagri, Perludem, KPU, Bawaslu, Puskapol UI dan perwakilan caleg DPR, DPD dan DPRD.

  

Skip to content