RAPAT KERJA EVALUASI PELAPORAN CAPAIAN AKSI HAM B04, B06, B09 DAN PERSIAPAN PELAPORAN CAPAIAN AKSI B12 DAERAH KANWIL PAPUA

Bagikan

Jayapura, ham.go.id – Rapat Capaian Aksi HAM Daerah yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua melalui Bidang HAM Divisi Pelayanan Hukum dan HAM bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Papua Jl. Raya Abepura No 37, Kotaraja – Jayapura, Rabu (14/11).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan  IV di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua, Tim Pelaporan Capaian Aksi HAM Provinsi Papua, Tim Pelaporan Capaian Aksi HAM Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua, Kepala Bagian Hukum SETDA Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua serta JFT dan JFU di bidang HAM Kanwil Kemenkumham Papua.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Max Wambrauw didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Pagar Butar Butar.

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyampaikan bahwa susunan keanggotaan Tim Rencana Aksi HAM (RANHAM) diantaranya Penanggungjawab adalah Gubernur, Bupati dan Walikota, Ketua adalah Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, Sekretaris adalah Kepala Biro Hukum SETDA Provinsi dan Kepala Bagian Hukum SETDA Kabupaten/Kota, anggota yang terdiri dari unsur badan pejabat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, unsur pejabat Kanwil Kemenkumham Papua, serta Perangkat Daerah Terkait.

Disampaikan juga bahwa periode pelaporan B04 dimulai pada tanggal 28 April s/d 11 Mei 2018, B06 dimulai pada tanggal 28 Juni s/d 11 Juli 2018, B09 dimulai pada tanggal 28 September 2018 s/d 11 Oktober 2018, dan B12 dimulai pada tanggal 28 Desember 2018 s/d 01 Januari 2019.

“Pelaporan Capaian Aksi HAM Daerah periode B12 bulan Desember, kami selaku perwakilan Sekretariat Bersama Pusat di daerah yang mempunyai tugas mendorong Pemerintah Daerah untuk melaporkan capaian Aksi HAM Daerah berharap agar ada peningkatan seperti dari B03 sampai dengan B09”.

Disampaikan juga bahwa jika terjadi permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam pengisian formulir capaian Aksi HAM maka silahkan berkoordinasi dengan Tim yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua.

“Ada 8 Kabupaten dan 1 Kota yang diajukan oleh Pemda masing-masing melalui Bagian Hukum SETDA Kabupaten/Kota kepada Kanwil Kemenkumham Papua untuk mendapatkan Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM dan sudah diteruskan kepada Tim Penilai Pusat akan mendapatkan Kriteria Peduli HAM, Cukup Peduli HAM, dan Mulai Peduli HAM dan akan menerima penghargaan/trofi dari Presiden Republik Indonesia yang akan diberikan pada Hari HAM Se-Dunia tanggal 10 Desember 2018,”.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua berharap dengan diselenggarakannya Rapat Kerja Evaluasi dan Persiapan Pelaporan Capaian Aksi HAM Daerah dapat memberikan motivasi kepada Biro Hukum Provinsi, Bagian Hukum Kabupaten/Kota, dan SKPD/OPD terkait pelaporan Capaian Aksi HAM Se-Provinsi Papua.

 

 

Skip to content