KUKUHKAN DUTA PELAJAR HUKUM DAN HAM DI SMKN 1 CIMAHI, KAKANWIL:”KALAU KITA TAAT HUKUM, TIDAK AKAN MASUK SUKAMISKIN.”

Bagikan

CIMAHI, ham.go.id – Sejumlah 2.000 Pelajar dari 41 SMA/SMK dan MA baik negeri maupun swasta se-Kota Cimahi mengikuti Apel Deklarasi Kesadaran Hukum-HAM serta Pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM SMKN I Cimahi dan Penobatan Duta Hukum-HAM se-Kota Cimahi yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Ibnu Chuldun didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Heriyanto, Kabid HAM, Hasbullah Fudail, Kabid Hukum, Ahmad Kapi Sutisna, Kepala Lapas Sukamiskin, Tejo Harwanto. Turut hadir Walikota Cimahi, Ajay M. Priatna dan Sekda Pemkot Cimahi, Maria Fitriana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, perwakilan BNNP, unsur Forkopimda Kota Cimahi serta para Kepala Sekolah dan perwakilan Guru di wilayah Kota Cimahi.

Kegiatan ini digelar dalam rangka sinergitas untuk meningkatkan kesadaran Hukum dan HAM, khususnya bagi para pelajar di Wilayah Kota Cimahi yang dipusatkan di SMKN 1 Cimahi, (Kamis,11/10/18).

Kemudian mengawali arahannya, Ajay selaku Pembina Apel yang sekaligus selaku Walikota Cimani menyampaikan bahwa Pendidikan Karakter merupakan hal yang ditekankan dalam membangun kota Cimahi. Ia pun mengatakan,” Meningkatkan kesadaran hukum dan HAM serta harus mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.”ucap Ajay.

“Kesadaran dan pemahaman tentang hukum hendaknya bisa diterapkan sejak dini dalam kehidupan sehari hari-hari, sehingga hukum dapat ditegakan”.ungkapnya.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi atas langkah yang digelar penobatan duta hukum oleh Kanwil Kemenkumham Jawa Barat. Kalian selaku  generasi penerus bangsa harus terus belajar serta memahami atas kesadaran hukum.Jauhi Narkoba dan pergaulan-pergaulan yang akan merugikan diri sendiri dan keluarga!” tandas Ajay.

Usai pengarahan yang disampaikan oleh Walikota Cimahi dilanjutkan dengan penyematan selendang dan pengukuhan kepada perwakilan pelajar yang dinobatkan sebagai Duta Pelajar Hukum dan HAM.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama, Ibnu Chuldun selaku Kepala Kantor Wilayah mengatakan,‘’Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Kanwil Kemenkumham Jabar, dinas pendidikan, BNNP serta unsur Forkopimda untuk mengajak para pelajar dalam implementasikan kesadaran dan ketaatan hukum.”ujar Ibnu.

“Kalau kita taat hukum, kita tidak akan masuk Lapas Sukamiskin, kalau mau lihat-lihat kedalam Lapas Sukamiskin silahkan, asalkan jangan menginap.” canda Ibnu yang membuat gelak tertawa seluruh para peserta apel.

“Teruskan, ikuti dan laksanakan apa yang telah diajarkan oleh bapak/ibu guru kita”. tutur Ibnu.

“Kami memahami di usia remaja sangat rentan pelanggaran hukum, mulai saat ini setelah dikukuhkan saya berharap kalian menjadi leader untuk mengajak remaja di Kota Cimahi agar taat kepada hukum. Terus, belajar, terus bekerja untuk masa depan yang lebih cerah”Ajak Ibnu.

Ia pun menuturkan,”Terimakasih saya ucapkan kepada bapak Walikota, Ibu Sekda yang telah berkenan hadir serta kepala sekolah atas atensinya dan dukungannya, kami berjanji berikutnya akan mengagendakan penyuluhan untuk SMKN se-kota Cimahi agar mewujudkan generasi-generasi yang unggul baik untuk pendidikan maupun tingkat kesadaran dan ketaaatan hukum.” tutup Ibnu. (red/foto: 56W/Adb/Fauzie).

Skip to content