Bekerjalah Dengan Hati, Berikan Pelayanan Terbaik Kepada WBP

Bagikan

Wonosobo, ham.go.id – Usai mengunjungi Kantor Imigrasi Wonosobo, Kepala Kanwil Jawa Tengah, Dewa Putu Gede, melanjutkan peninjauan ke Rutan Kelas IIB Wonosobo, Selasa (16/10).

Kepala Kantor Wilayah dalam lawatan ini didampingi oleh Kepala Divisi Yankum dan HAM, Rr. Sri Widyaningsih, Kepala Divisi Pemasyarakatan Heni Yuwono, Kepala Divisi Keimigrasian Ramli HS dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo serta Kepala Rutan Wonosobo.

Mengawali kunjungan, beliau beserta rombongan meninjau beberapa ruang Pelayanan Publik yang ada di Rutan Wonosobo.

Kakanwil, Dewa Putu Gede menyampaikan kepada seluruh pegawai Rutan Wonosobo terkait layanan publik, agar semua pelayanan yang diberikan berbasis dan guna mewujudkan pemenuhan HAM. Beliau melakukan pemeriksaan semua akses dan ketersediaan fasilitas di dalam Rutan.

Beberapa ruang pelayanan tersebut antara lain maklumat pelayanan, ruang/loket/kotak pengaduan, toilet khusus penyandang disabilitas, lantai pemandu, informasi pelayanan publik, ruang laktasi, ruang bermain anak, rambu-rambu kelompok rentan, jalan landau, dan loket/layanan khusus bagi lanjut usia, anak, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

Tidak luput pula perhatian terhadap pemeriksaan aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas untuk WBP antara lain : ruang/loket/kotak pengaduan, toilet khusus bagi WBP, penyandang disabilitas, lantai pemandu, informasi pelayanan publik, rambu-rambu kelompok rentan, alat bantu kelompok rentan, jalan landau, tempat ibadah, sarana olahraga dan rekreasi, pelayanan kesehatan, dan ketersediaan air bersih.

Pemeriksaan ketersediaan petugas yang siaga, antara lain ketersediaan petugas yang siaga melayani kelompok rentan dan ketersediaan tenaga kesehatan/psikolog.

Pesan yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah kepada seluruh petugas pemasyarakatan yakni bahwa semua pegawai harus selalu bersyukur, mempunyai integritas, keberanian, bekerja dengan hati. Selain itu Petugas Pemasyarakatan harus memahami aturan-aturan yang berlaku terutama mengenai hak-hak dasar Warga Binaan Pemasyarakatan.

Skip to content