Kegiatan Seminar dengan tema “Hak Atas Perdamaian Menuju Pemilu 2019” Universitas Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Bagikan

Jakarta, ham.go.id – Pegawai Direktorat Pelayanan Komunikasi Masyarakat mengikuti Kegiatan Seminar dengan tema “Hak Atas Perdamaian Menuju Pemilu 2019” Universitas Pertahanan Republik Indonesia Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada Hari Jumat tanggal 21 September 2018 bertempat di Gedung Auditorium Lt-1, Kampus Bela Negara, Komplek IPSC. Seminar dibuka oleh Bapak Plt Rektor Universitas Pertahanan Bapak Prof Dr Ir Dadang Gunawan M.Eng. Peringatan Hari Perdamaian Dunia di Unhan diperingati dengan mengelar kegiatan seminar nasional dengan mengundang keynote speaker Prof. Dr. Haffid Abbas (Ketua Komnas HAM periode 2014/2015), Prof. Dr. Franz Magnis Suseso, SJ (Ketua Pengurus Yayasan Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkarta Jakarta),  Dr. Margaretha Hanita, M.Si (Peneliti LIPI dan Dosen Unhan) serta Dr. Mulyadi, S.Sos, M.Si (Tenaga Ahli Bawaslu RI).

Pada peringatan hari perdamaian dunia ke 70 ini, diawali dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars Unhan, yang dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi perdamaian, dalam deklarasi ini  berisi tentang mengecam mengecam keras segala bentuk kekerasan dan kewenang–wenangan yang terjadi di seluruh dunia, menyerukan penghapusan segala bentuk diskriminasi yang terkait suku, agama, dan ras, menyerukan untuk saling menghargai, menghormati, dan menyebarkan budaya damai dalam semua aspek kehidupan dalam mencegah dan menyelesaikan kekerasan dan konflik, seluruh civitas akademik Unhan berkomitmen untuk terlibat aktif menjadi pelopor dan pelaku dalam mewujudkan dunia yang penuh dengan damai, harmonis, dan cinta.

Sementara dalam Amanatnya Plt. Rektor Unhan menyampaikan, tema hari perdamaian dunia ini difokuskan pada penumbuhan kesadaran dan penggugahan semangat memperjuangkan hak Asasi Manusia salah satunya hak untuk mendapatkan perdamaian, lebih lanjut dalam amanatnya pada 2019 Indonesia akan menghadapi pemilu, sehingga perlu pemahaman Pemilu damai agar stabilitas tetap terjaga.

Prof. Dr. Haffid Abbas menyampaikan Keynote Speaker dengan memaparkan materi seminar dengan tema : ”Hak atas Perdamaian menuju Pemilu 2019”, dilanjutkan pemaparan materi seminar oleh Prof. Dr. Franz Magnis Suseso, SJ.,berjudul ”Hak atas Perdamaian sebagai Hak asasi Manusia”, kemudian materi dari Dr. Margaretha Hanita, M.Si berjudul “Refleksi dan Proyeksi Hak Perdamaian di Indonesia di Masa Pemilu 2019”, dan Dr. Mulyadi, S.Sos., M.Si., memaparkan tema :”Ancaman Ujaran Kebencian , Hoax dan Pemilu Damai 2019” dalam seminar ini dipandu oleh moderator Dra. Yosephin R. Marieta, M.Psi.T. Kegiatan seminar ini dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi antara narasumber dan seluruh mahasiwa Unhan,  yang langsung di jawab oleh narasumber. Kegiatan seminar diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Hadir pada kesempatan ini seluruh pejabat  Eselon I,II, III dan IV serta Dosen Unhan.

Skip to content