Pentingnya Kesadaran Menggunakan Hak Pilih Bagi Pemilih Pemula

Bagikan

Kota Tangerang Selatan, ham.go.id – Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Kelembagaan Partai Politik Bagi Pemilih Pemula Sebagai Implementasi Hak Asasi Manusia, yang dihadiri oleh 200 pelajar se-kota Tangerang Selatan bertempat di Hotel Santika Premiere, Kota Tangerang Selatan, Selasa (14/8).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Bambang Iriana Djajaatmadja yang didampingi oleh Direktur Informasi HAM, Suparno beserta jajaran pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal HAM.

Dalam sambutannya Bambang Iriana Djajaatmadja, menyampaikan bahwa hak sipil dan politik yang telah diratifikasi pemerintah menjadi prioritas dalam pemenuhannya.

“Penyebarluasan nilai-nilai HAM terutama hak sipil dan politik menjadi prioritas”, ungkapnya

Alasan mengapa menjadi prioritas karena jumlah pemilih pemula di Indonesia pada tahun 2019 mendatang sangatlah besar.

“Dikarenakan jumlah pemilih pemula yang besar dalam komposisi pemilih nasional dan kenyataan bahwa pemilih pemula cenderung belum mengetahui bagaimana menggunakan hak pilih yang ia miliki”, jelas Bambang

Oleh karenanya, diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong para milenial ini untuk memahami bagaimana mempergunakan hak pilihnya dengan benar, tanpa melanggar aturan yang ada.

Menurut Bambang, kegiatan ini juga tidak hanya membahas masalah hak pilih saja, namun juga bagaimana menyalurkan hak pilih tanpa diikuti hal-hal yang berbau penghinaan, bullying, saling ejek di media sosial dan lain sebagainya.

“Kegiatan yang diselenggarakan berkat kerja sama erat dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum ini tidak hanya akan membahas hak pilih, tetapi juga akan diisi dengan informasi mengenai bagaimana menggunakan teknologi informasi secara bijak dan benar”, tambahnya

Pemilih pemula ini diharapkan dapat lebih selektif dalam memilih calon yang akan mereka pilih di pemilu mendatang.

“Kalian (pelajar-red) hendaknya mencari tahu bagaimana cara menggunakan hak suara yang benar dan menggali informasi mengenai track record para kandidat dalam pemilu”, tutup Bambang.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini diantaranya Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi; Pakar komunikasi publik, Perludem, dan lain sebagainya. (ion)

Skip to content